KoranNTB.com – Media sosial di Jepang dihebohkan dengan munculnya sosok ikan berukuran panjang. Ikan tersebut menurut kepercayaan pertanda akan terjadi bencana alam.

Ikan yang dikenal dengan nama Oarfish oleh masyarakat Jepang dipercaya sebagai tanda akan adanya gempa bumi dan tsunami. Menurut legenda, secara turun temurun jika ikan tersebut ditemukan terdampar maka bencana alam akan muncul.

Jepang yang sering diguncang gempa dan tsunami mendadak heboh dengan kemunculan ikan tersebut. Meski demikian ikan itu telah dibawa ke laboratorium di sana.

Ikan itu ditemukan terlilit jaring di lepas pantai Imizu, di prefektur Toyama, Senin, 28 Januari 2019 lalu. Ukurannya mencapai empat meter, dengan tubuh yang tipis.

Uniknya, ikan serupa juga pernah ditemukan di daerah Teluk Toyaman Jepang. Ikan ditemukan berjumlah dua ekor.

Legenda setempat menyebut ikan itu dengan nama ryugu no tukai atau utusan dari istana raja naga. Kepercayaan masyarakat setempat dahulu ikan ini muncul sebagai pertanda bencana alam segera tiba.

Masyarakat di sana juga mencoba menghubungkan penemuan ikan tersebut secara ilmiah. Mereka juga percaya bahwa naiknya ikan tersebut sebagai tanda alam berupa gerakan seismik yang mungkin saja berhubungan dengan gempa. Namun beberapa ahli tidak sependapat dengan itu. Banyak yang sepakat bahwa ikan tersebut naik ke darat akibat kondisi fisik atau terbawa arus laut.

Kekhawatiran masyarakat setempat kian menjadi saat para ahli memperingati potensi gempa di Palung Nankai yang membentang hingga pantai selatan Jepang. Wilayah tersebut memiliki potensi gempa besar dan tsunami. Bahkan tsunami diprediksi bisa mencapai ketinggian 30 meter. Namun demikian, lagi-lagi ahli membantah kaitan ikan tersebut dengan aktivitas kegempaan. (red/7)