KoranNTB.com – Ribuan masyarakat memadati Deklarasi Millenial Road Safety Festival di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu, 3 Februari 2019. Deklarasi tersebut guna membangun kesadaran lalulintas pada kaula muda.

Kapolda NTB, Irjen Pol. Achmad Juri bersama Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Satuan Kerja Perangkat Daerah bersama masyarakat antusias melaksanakan deklarasi yang digelar di eks Bandara Selaparang, Rembiga tersebut.

Kapolda mengatakan, kegiatan itu digelar serentak di seluruh kabupaten/kota di NTB. Jumlah peserta di Mataram sekitar 110 ribu yang terdiri dari mahasiswa di tujuh universitas di Mataram, pelajar SMP dan SMA, komunitas motor dan mobil, Pegawai Pemprov NTB dan Pemkot Mataram dan komunitas lainnya.

Kapolda menjelaskan, tujuan diselenggarakan deklarasi yang menyasar milenial ini, untuk membangun kesadaran kaum milenial dalam mewujudkan keselamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran lalulintas guna tercapai tujuan road safety to zero accident (keamanan di jalan menuju nol angka kecelakaan).

“Dalam pencapaian visi tersebut diharapkan akan terbangun budaya tertib lalulintas, khususnya di kalangan generasi milenial, terwujudnya program keselamatan secara terprogram dan berkesinambungan,” ungkapnya.

Selain itu, Kapolda menjelaskan tujuan deklarasi juga untuk meningkatkan keselamatan lalulintas, menekan angka kecelakaan dan korban kecelakaan, membentuk relawan lalulintas milenial dan mempererat hubungan Polri dan milenial.

Acara tersebut diisi juga dengan jalan sehat, touring club motor, stand enterpreneur expo, senam kolosal milenial, safety riding dan free style. Pelepasan 1000 merpati dan balon juga menghiasi acara tersebut.

Rangkaian kegiatan juga terisi pada deklarasi itu. Bahkan, pembagian doorprize berupa paket umroh, sepeda motor, sepeda, TV Led, handphone dan lainnya membuat masyarakat lebih antusias. (red)