KoranNTB.com – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan Rp1,2 triliun untuk membangun jalan bebas hambatan atau bypass di lokasi Sirkuit Mandalika Lombok.

Proyek jalan bebas hambatan itu akan dibangun dengan panjang sekitar 17 kilometer. Jalan akan dibangun mulai dari bandara hingga sirkuit.

Imbas dari pembangunan bypass tersebut, maka akan dilakukan pembebasan lahan di lokasi bypass. Hal tersebut diungkapkan Kepala BPIW (Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah) Kementerian PUPR, Hadi Sucahyono.

“Kalau bypass Rp1,2 triliun dan untuk pembebasan tanahnya Rp120 miliar. Kami lagi fokus pembebasan tanah. Diutamakan pembebasan lahan oleh daerah. Jalan ini nantinya juga untuk masyarakat,” katanya, Senin, 18 Maret 2019.

Pembangunan bypass yang langsung menuju lokasi MotoGP untuk meminimalisir terjadinya kemacetan karena acara adat seperti Nyongkolan atau mengantar pengantin saat event MotoGP digelar.

“Misalnya kalau tiba-tiba ada acara adat, sementara MotoGP harus mulai, itu kan menganggu. Sekarang kami memikirkan untuk membangun jalan untuk¬†bypass,” tandasnya. (red/7)