KoranNTB.com  – Korem 162/WB menggelar peringatan Nuzulul Quran di Masjid Al Muttaqin Makorem 162/WB Jalan Lingkar Selatan, Mataram, Kamis, 23 Mei 2019.

Acara diisi dengan peceramah TGH. M. Taesir Al Azhar, dengan tema “Melalui Puasa Ramadhan, Nuzulul Quran dan Idul Fitri 1440 H tahun 2019, kita tingkatkan iman dan taqwa Prajurit dan PNS TNI AD dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.”

Peringatan Nuzulul Quran dihadiri Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, Kasrem Letnan Kolonel Inf Endarwan Yansori berserta para Kasi, Dan/Ka Satdisjan, para Perwira, Bintara, Tamtama, PNS dan ibu-ibu Persit KCK termasuk para peserta Musabbagah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Korem yang digelar selama sepuluh hari.

Pada kesempatan itu, Danrem dalam  menyampaikan Alquran merupakan pedoman dan tuntutan hidup yang mengajarkan kebenaran hakiki dan isinya mengatur tentang hubungan antara manusia dengan penciptaNya (Hablumminallah) dan hubungan manusia dengan manusia (Hablumminannas) serta alam sekitarnya.

“Besarnya keutamaan Alquran sehingga Rasulullah Muhammad SAW dalam sebuah hadish menyampaikan aku tinggalkan kalian dua perkara yang kamu tidak akan sesat selama berpegang pada keduanya yakni Alquran dan Sunah Rasul,” ungkap Danrem.

Setelah kita memahami dan menghayati makna dari peristiwa Nuzulul Quran, lanjutnya, langkah berikutnya yakni mengamalkan isi kandungan dari Alquran tersebut dalam kehidupan sehari-hari sehingga pola pikir dan tingkah laku mencerminkan akhlaq yang mulia sebagai mana Rasulullah diutus untuk menyempurnakan akhlaq umat manusia.

“Melalui peringatan Nuzulul Quran ini, mari kita membumikan Alquran dengan terus menerus dan istiqomah untuk membacanya, memahami dan mengamalkan isi kandungannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga memperoleh predikat taqwa disisi Allah SWT,” pungkanya.

Seusai menggelar ceramah, sholat Isya dan tarawih berjamaah, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah dan piala bergilir kepada masing-masing pemenang lomba MTQ. Untuk kelompok pria dengan juara pertama dari perwakilan kodim 1608/Bima, juara dua dari Kodim 1620/Loteng dan juara tiga diraih Kodim 1614/Dompu, sedangkan untuk kelompok wanita berturut-turut dimenangkan oleh perwakilan Kodim 1620/Loteng, Kodim 1607/Sumbawa dan Denzibang Mataram. (red/3)