KoranNTB.com – Kartu ATM tertelan mesin menjadi hal yang dibenci banyak orang. Karena proses pembuatan baru sangat lama, sementara kita membutuhkan uang yang cepat.

Proses pembuatan kartu ATM pasca tertelan memang tidak mudah. Anda dianjurkan membuat surat kehilangan di kantor polisi terdekat lokasi ATM tertelan, kemudian pergi ke bank dengan membawa buku tabungan dan KTP menemui CS.

Proses panjang dan melelahkan tersebut membuat orang sangat mengantisipasi menemui hal nahas tersebut.

Untuk mencegah agar kartu ATM Anda tidak tertelan mesin, berikut ini tanda bahwa ATM Anda akan tertelan mesin, sehingga Anda akan mengantisipasi.

1. Jangan ke ATM saat Mati Lampu

Hindari menggunakan mesin ATM saat lampu padam, karena mesin tersebut tengah kehabisan daya dan biasanya akan eror. Anda dapat mencari mesin ATM yang menggunakan genset, meskipun memang sangat ditemui atau Anda dapat menarik di ATM yang wilayah tersebut tidak terjadi pemadaman listrik.

Perlu diantisipasi juga, ketika listrik baru saja menyala usai padam, jangan dulu melakukan transaksi melalui ATM. Karena beberapa orang juga mengalami kejadian yang sama, kartu ATM mereka tertelan mesin, karena saat itu mesin baru mengisi daya dan masih kekurangan daya.

2. Jangan masukan kartu di ATM eror

Anda mungkin kerap melihat ATM eror atau tanda-tanda ATM akan eror. Hindari memasukan kartu Anda pada ATM tersebut. Cari ATM lainnya atau gunakan ATM yang berbeda bank, karena meskipun memiliki biaya transaksi antar bank, namun justru cara aman menghindari kartu ATM tertelan. Kecuali di wilayah Anda memiliki mesin ATM lain yang serupa dengan kartu ATM Anda.

3. Hindari kesalahan input PIN

Guna keamanan nasabah, bank memberikan toleransi kesempatan tiga kali memasukan PIN ATM jika salah. Namun jika Anda salah memasukan PIN lebih dari tiga kali, bank akan langsung memblokir otomatis kartu ATM Anda. Bahkan di beberapa mesin ATM, kartu Anda akan otomatis tertelan jika salah lebih dari tiga kali memasukan PIN.

Apa yang dilakukan saat kartu ATM tertelan:

Anda dapat mencari nomor call center bank pada internet dan menghubungi mereka berkonsultasi. Anda juga nantinya akan diminta untuk memblokir kartu ATM Anda yang tertelan untuk keamanan. Yang diblokir hanya kartu Anda, bukan rekening Anda.

Kemudian Anda harus meminta keterangan kehilangan di kantor polisi terdekat. Setelah itu pergi ke bank membawa surat kehilangan, buku tabungan dan KTP. (red)