Mengapa Gempa 6,9 Tidak Dirasakan Banyak Orang?

KoranNTB.com – Gempa bumi bermagnitudo 6,9 mengguncang barat daya Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pukul 13.39 Wita, Minggu, 14 Juli 2019.

Sebagian besar masyarakat di NTB tidak merasakan gempa tersebut, karena gempa berpusat di laut 884 kilometer dengan kedalaman 10 kilometer. Sumber gempa yang jauh tidak dirasakan banyak orang.

Gempa itu mengguncang Australia Barat dan tidak berpotensi tsunami.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di Utara Port Hedland, Australia Barat.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah laut di Australia Barat ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar.

Sebelumnya pada aplikasi BMKG menyebut gempa terjadi di barat daya Sumbawa. Hal itu karena memang karena tugas BMKG mengupdate gempa dan dampak gempa di Indonesia, bukan di negara lain. Sehingga jika pusat gempa di luar negeri, maka data yang di-update adalah wilayah Indonesia yang dekat dengan pusat gempa. (red)