KORANNTB.com – Gempa bumi bermagnitudo 3,4 berlokasi di darat  pada jarak 19 km barat daya Pernang, pukul 00.54 Wita, Jumat, 30 Agustus 2019.

Gempa pada kedalaman 10 kilometer tersebut dirasakan di Sumbawa Barat. Hasil analisa BMKG menunjukkan gempa bumi pada episenter koordinat 8,63 lintang selatan dan 116,99 bujur timur.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi, mengatakan,  lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

“Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Sumbawa Barat III MMI (getaran terasa nyata di dalam rumah atau di bangunan yang bertingkat. Getaran terasa seperti ada truk besar yang melintas di depan rumah),” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, sehingga masyarakat diimbau tidak panik. (red)