KORANNTB.com – Akhir-akhir ini cuaca di Nusa Tenggara Barat (NTB) terasa lebih panas. Itu karena suhu maksimum di NTB biasa terjadi di bulan Oktober.

Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat, Restu Patria Megantara, menjelaskan di Pulau Lombok, maksimum suhu harian bisa mencapai 32 hingga 34 derajat celcius, sementara Pulau Sumbawa dapat lebih panas.

“Secara klimatologis, suhu maksimum di NTB biasanya terjadi di bulan Oktober, untuk Pulau Lombok suhu maksimum hariannya dapat mencapai 32 hingga 34°C sedangkan di Pulau Sumbawa bisa lebih panas lagi mencapai 34 hingga 36°C,” katanya dalam keterangan tertulis belum lama ini.

Namun meskipun suhu panas pada Oktober ini, dia menjelaskan kondisi ini masih normal atau belum disebut gelombang panas.

“Dalam beberapa hari terakhir juga dari data suhu udara maksimum di Stasiun Klimatologi Lombok Barat masih menunjukkan nilai yang berada di sekitar normalnya, 30 hingga 33°C,” ujarnya.

Dijelaskan, suhu udara di NTB terasa panas di bulan Oktober, karena pada bulan Oktober matahari akan berada tepat di atas wilayah NTB (kulminasi) akibat dari gerak semu matahari. (red)

Foto: Ilustrasi panas: rottadana