Karir Mentereng Para Mantan Kapolda NTB

KORANNTB.com – Irjen Pol Tomsi Tohir kini menjadi Kapolda NTB mengganti posisi Irjen Pol Nana Sudjana yang diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya. Karir polisi bintang dua ini meroket setelah munculnya surat Telegram bernomor: ST/3331/XIII/KEP./2019 tertanggal 20 Desember 2019.

Nana Sudjana mengaku kaget dengan jabatan sebagai Kapolda Metro Jaya yang diberikan.

Karir mentereng Nana Sudjana tampaknya bukan pertamakali untuk para mantan Kapolda NTB. Sebelumnya, publik dibuat kaget saat Firli Bahuri mantan Kapolda NTB terpilih menjadi Ketua KPK periode 2019-2023.

Link Banner

Karir Komjen Pol Firli Bahuri terus meroket sejak hengkang dari jabatannya sebagai Kapolda NTB. Dia pada 2018 menjadi Deputi Penindakan KPK, kemudian diangkat menjadi Kapolda Sumatera Selatan pada 2019.

Tidak lama menjabat Kapolda Sumatera Selatan, di tahun yang sama Firli diangkat menjadi Kabaharkam Polri. Tahun itu juga dia kembali dipilih menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri dan kemudian menduduki Lembaga Antirasuah.

Pengganti Firli menjadi Kapolda NTB adalah Irjen Pol Achmat Juri. Menjabat satu tahun, dia kemudian dipromosikan menjadi Analisis Utama Kebijakan Lemdiklat Polri (2019).

Jejak Firli di pemerintahan bukan kali pertama untuk mantan Kapolda NTB. Sebelumnya pada 2012, kursi Kapolda NTB diduduki Komjen Pol Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Lulusan Akpol 1984 ini beberapa tahun pasca menjadi Kapolda NTB masuk pemerintahan dengan menduduki Pj Gubernur Jawa Barat mengisi posisi Ahmad Heryawan yang paripurna tugas.

Iwan Bule kemudian terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2019-2023. Dia memimpin organisasi sepakbola terbesar di Indonesia setelah berhasil menyingkirkan dua kandidat calon Ketua PSSI lainnya. Uniknya, dari 83 suara, Iwan Bule mengantongi seluruh suara.

Jejak tersebut diikuti pengganti Iwan Bule di Polda NTB. Pada tahun 2013, Kapolda NTB dipimpin Moechgiyarto. Kini pria yang berpengalaman di bidang reserse itu telah menjabat Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri pada 2019.

Uniknya, Wakil Irwasum periode yang sama saat ini dijabat oleh Irjen Pol Umar Septono, yang juga mantan Kapolda NTB sebelum Firli.

Ramainya mantan Kapolda NTB yang memiliki karir meroket membuat banyak orang beranggapan bahwa Polda NTB menjadi “runway” bagi Kapolda NTB untuk menjejaki jabatan tinggi. (red)

Link Banner
Link Banner