KORANNTB.com – Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang diperingati setiap tanggal 21 November merupakan perayaan yang dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi.

Namun ditahun 2020 ini perayaannya sedikit berbeda karena ditengah situasi pandemi Covid-19 sehingga perayaannya dilakukan secara daring melalui streaming via zoom meeting bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam hal ini Direktorat Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP) serta bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan di 34 Provinsi se-Indonesia.

Dalam acara tersebut dirangkaikan dengan pameran dan presentasi produk olahan ikan hasil dari UMKM binaan masing-masing Provinsi melalui zoom meeting.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB juga turut berpartisipasi untuk memeriahkan puncak perayaan Harkannas ke-7 ini dengan menyediakan stand-stand untuk pameran produk UMKM binaan di halaman kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB.

Turut hadir pula Ketua Umum FORIKAN Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati bersama dengan beberapa Kepala OPD lingkup Provinsi NTB, dan HNSI Wilayah NTB, dan mitra Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB.

Dalam sambutannya Ketua Umum Forikan Provinsi NTB menyampaikan bahwa di tengah pandemi Covid-19 ini, mengkonsumsi ikan terbukti dapat meningkatakan imunitas tubuh. Selain itu kandungan protein dan gizi yang terkandung di dalam ikan juga dapat mencegah terjadinya stunting dan gizi buruk pada usia pertumbuhan.

Selain kandungan gizinya yang sangat besar, potensi ekonominya pun sangat besar terlebih lagi apabila anak-anak muda bisa berinovasi dan mengaitkannya dengan industrialisasi sehingga menciptakan olahan-olahan dari ikan yang disukai oleh banyak orang, ucap Bunda Niken.

Lebih lanjut Niken menyampaikan bahwa mengkonsumsi ikan sejak dini dapat menciptakan generasi masa depan yang sehat dan cerdas sehingga momentum Hari Ikan Nasional ini dapat dijadikan peringatan dan dimaknai untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat kita serta memaksimalkan potensi sumberdaya kelautan dan perikanan di NTB.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB H. Yusron Hadi menyampaikan dalam sambutannya bahwa peringatan Hari Ikan Nasional yang ke-7 ini merupakan upaya untuk meningkatkan angka konsumsi ikan masyarakat serta mengembangkan potensi sumber daya ikan kita dengan mengarahkannya menuju industrialisasi. Salah satu upaya tersebut diwujudkan dalam bentuk bantuan stimulus berupa sarana pengolahan ikan seperti mesin pengolah abon ikan, freezer, cool box, dan lain sebagainya kepada kelompok nelayan dan pembudidaya ikan. (red)