Nasi Kotaraja, Lezat dan Nikmat Tapi Sulit Ditemukan

KORANNTB.com – Jika bicara kuliner khas Lombok, orang sering mengenal nasi Puyung, sate Rembiga, pelecing atau nasi Rarang. Kelompok kuliner tersebut sangat familiar di lidah masyarakat Lombok atau wisatawan yang datang.

Namun satu lagi kuliner Lombok yang betul-betul dapat membuat ketagihan, nasi Kotaraja.

Nasi Kotaraja belum terlalu familiar di masyarakat. Bahkan, tidak banyak masyarakat Lombok pernah mencobanya. Itu karena nasi Kotaraja hanya dijual di Desa Kotaraja, Kecamatan Sikur, Lombok Timur.

Desa Kotaraja letaknya dekat dengan desa wisata Tetebatu. Tepat di perempatan Kotaraja, beberapa warung menjual nasi Kotaraja yang terkenal memanjakan lidah ini.

Bahannya sangat sederhana, terdiri dari daging sapi yang digoreng setelah ditumbuk. Masyarakat di sana menyebutnya rarit. Ada juga daging sapi yang dijadikan kuah. Kemudian, taburan biji kedelai goreng dan sambal.

Meskipun berbahan sederhana, namun pecinta kuliner akan mengabadikan nasi Kotaraja dalam daftar kuliner favorit mereka. Itu karena bumbu khusus pada nasi Kotaraja yang tidak banyak orang tahu membuatnya.

Bahkan, wisatawan yang berwisata ke Tetebatu dan mampir di warung nasi Kotaraja, akan selalu pingin untuk mencicipi kembali kelezatan kuliner tersebut.

Rudi Lombok, seorang pemandu wisata yang memiliki agen travel di Mataram, mengatakan banyak wisatawan yang ingin menikmati kuliner nasi Kotaraja, setelah mereka kembali ke kampung mereka.

“Banyak wisatawan yang datang ke sini pingin cari nasi Kotaraja. Itu enggak tahu kenapa, tapi rasa nasi Kotaraja begitu melekat di hati mereka,” kata Rudi, Jumat, 5 Februari 2021.

Dia mengatakan, banyak wisatawan yang meninggalkan Lombok selalu kangen dengan kelezatan kuliner khas Desa Kotaraja tersebut.

Rudi sangat menyayangkan nasi Kotaraja tidak ramai dijual. Berbeda dengan nasi Puyung yang dapat ditemukan di Mataram.

BACA:  Nasi Kotaraja Lombok, Kuliner Lezat dan Dirindukan

“Saya yakin nasi Kotaraja akan populer jika dijual hingga ke Mataram. Karena kuliner itu memiliki ciri khas sendiri dan unik,” katanya.

Nasi Kotaraja yang sederhana memiliki rasa pedas yang cukup menghangatkan lidah. Rasa nasi tersebut membuat orang selalu ketagihan untuk menikmatinya. (red)

Foto: Nasi Kotaraja (istimewa)