KORANNTB.com – MotoGP Mandalika batal dilaksanakan pada Oktober 2021. Namun, event internasional tersebut diundur pada Maret tahun mendatang.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan MotoGP Mandalika digelar pada Maret 2022 karena pandemi COVID-19 yang masih melanda. Untuk memastikan banyak masyarakat telah divaksin, maka digelar tahun depan.

“Dorna puas dengan kondisi sirkuit Mandalika bahkan sangat yakin perlombaan bisa dilaksanakan Oktober 2021 ini. Tapi kita yang agak berat dan memutuskan sebaiknya Maret 2022 saja,” kata Zulkiflimansyah dikutip dari Facebook resminya, Jumat, 9 April 2021.

NTB akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengendalikan pandemi, sehingga MotoGP 2022 dapat sukses diselenggarakan.

“Alasannya karena kita belum yakin Oktober 2021 ini kita sudah benar-benar bisa mengendalikan pandemi Corona Virus 19 ini. Kita ingin perhelatan MotoGP ini sukses sebagai etalase event internasional yang diselenggarakan Indonesia,” ujarnya.

Jika MotoGP Mandalika dilaksanakan tahun ini, penonton tidak akan banyak karena harus menyesuaikan dengan protokol COVID-19.

“Dengan pandemi yang belum sepenuhnya bisa kita kendalikan rasanya nggak puas menyaksikan MotoGP tapi tak dihadiri penonton,” ujarnya.

“Penonton belum bisa membludak selain karena protokol kesehatan yg ketat juga krn international border di berbagai negara belum sepenuhnya dibuka,” kata Zulkieflimansyah.

Gubernur NTB berharap vaksinasi dapat berjalan merata di masyarakat, sehingga event internasional di NTB dapat diselenggarakan tanpa kekhawatiran.

“Jadi mending kita tunda sebentar ke bulan Maret 2022 dengan harapan vaksinasi lancar dan Covid-19 sudah terkendali dan lingkungan sekitar kita juga lebih hijau dan asri di bulan Maret ketimbang gersang tandus di bulan Oktober,” ungkapnya.

Meskipun MotoGP urung dilaksanakan pada 2021, namun pada 14 November 2021 akan digelar Superbike dan World Moto Cross 2021 di Mandalika.

“Tapi untuk memuaskan dahaga para pencinta MotoGP, 14 November 2021 Dorna sudah mulai menyelenggarakan Superbike yang tak kalah bergengsinya dan dilanjutkan dengan World Moto Cross 2021 di Mandalika juga,” katanya. (red)