Peringatan Dini: NTB Waspada Siklon Tropis Odette

KORANNTB.com – BMKG mengumumkan pertumbuhan Siklon Tropis Odette di wilayah Indonesia. Salah satu daerah yang berpotensi terdampak adalah Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, 9 April 2021.

Kepala BMKG, Dwikorita melalui keterangan pers mengatakan munculnya Siklon Odette berawal dari bibit siklon 90s di Samudra Hindia.

Siklon Odette dapat mengakibatkan gelombang tinggi di bagian selatan NTB. Selain NTB, wilayah berpotensi terdampak adalah perairan di sebelah barat Bengkulu hingga sebelah barat Lampung, sebelah selatan Jawa mulai dari Jawa Barat sampai Jawa Timur, sebelah selatan Bali, dan sebelah Selatan Nusa Tenggara Barat.

Damage atau kerusakan bisa menyebabkan gelombang yang sangat tinggi dan berbahaya bagi transportasi laut dan kapal nelayan.

Potensi gelombang tinggi dapat terjadi pada 9 April hingga 11 April 2021.

Dwikorita mengatakan potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi.

“Wilayah yang diperkirakan akan terdampak seperti Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat,” ujarnya.

Masyarakat di wilayah tersebut diminta untuk selalu mewaspadai dampak yang akan ditimbulkan siklon tropis Odette tersebut. (red)

Ilustrasi gelombang tinggi (Pexels)

BACA:  Siklon Odette Dekati Seroja, Mulai Menjauh dari Indonesia