Berprestasi, Polda NTB Raih Penghargaan Menteri PPPA

KORANNTB.com – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) memberikan penghargaan kepada Polda Nusa Tenggara Barat atas prestasi dalam memberikan perlindungan terhadap anak.

Responsif Polda dalam menerima dan mengatensi sejumlah pengaduan terkait kasus perempuan dan anak, menjadi dasar diberikan penghargaan.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada Direktur Kriminal Umum Polda NTB Kombes Pol Hari Brata bersama Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda NTB AKBP Ni Made Pujawati, Jumat, 16 April 2021 di Gedung Graha Bakti Praja, Kantor Gubernur NTB.

“Penghargaan diberikan kepada Direskrimum Polda NTB atas perannya dalam penyelenggaraan PPPA, khususnya perlindungan anak di wilayah NTB ini,” kata Menteri PPPA Gusti Ayu Bintang.

Dalam kegiatan tersebut, Menteri PPPA Gusti Ayu Bintang juga menyampaikan apresiasi kepada Pemprov NTB yang sudah menerbitkan Perda tentang Pencegahan Perkawinan Anak.

Menteri PPPA juga menyerahkan penghargaan kepada Pemprov NTB yang diterima langsung oleh Gubernur Zulkieflimansyah.

Gusti Ayu Bintang mengatakan, terbitnya perda tentang pencegahan perkawinan anak ini tak hanya disahkan saja melainkan harus ada implementasinya di lapangan. Hal ini juga bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya.

“Adanya Perda ini adalah suatu langkah luar biasa, mudah-mudahan langkah ini bisa motivasi dan inspirasi daerah lainnya. Kemudian Perda ini jangan hanya disahkan saja, tapi bagaimana inpelmetasinya di lapangan,” katanya.

Ia berharap agar angka perkawinan anak ini bisa dikendalikan serta untuk pemberdayaan perempuan agar praktik praktik yang baik bisa menjadi contoh yang baik untuk wilayah lainnya.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengaku gembira atas apresiasi yang diberikan pemerintah pusat melalui Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati terhadap Perda tersebut.

BACA:  Polda NTB Berikan Bantuan Warga Terdampak Pandemi di Desa Pandan Indah

“Ya baguslah, meskipun kita tak pungkiri jika kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di daerah  NTB ini masih terjadi. Bahkan, menjadi isu nasional. Namun, hal tersebut dengan banyaknya perhatian bisa dituntaskan,” katanya.

Dirreskrimum Polda NTB Kombes Pol Hari Brata menyampaikan apresiasi kepada Menteri PPPA atas penghargaan yang diterima.

Menurut Hari Brata penghargaan tersebut akan menjadi pemicu motivasi agar Polda NTB khususnya Ditreskrimum Polda untuk terus meningkatkan kinerja dalam penegakan perlindungan perempuan dan anak di NTB.

“Tentu penghargaan ini merupakan hasil kerja kolektif, bukan hanya saya tetapi juga seluruh anggota Dirreskrimum khususnya di Subdit Renakta. Ini akan menjadi motivasi kami lebih baik lagi bekerja dalam perlindungan perempuan dan anak di daerah ini,” katanya. (red)