KORANNTB.com – Sirkuit Mandalika memiliki 17 tikungan. Tapi, tikungan yang menjadi ikon keindahan sirkuit tersebut berada di tikungan 10.

Tikungan 10 Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika memang menjadi daya tarik. Itu karena memiliki view yang indah.

Tikungan tersebut berada di pinggir pantai yang cantik. Spot tersebut menjadi keunggulan Sirkuit Mandalika.

Selain memiliki spot cantik, tikungan 10 juga menjadi tikungan yang digemari para pembalap. Itu karena sangat menantang. Tikungan tersebut cukup tajam, sehingga membutuhkan keahlian memacu kuda besi berkecepatan tinggi dengan dikombinasi keakuratan rem dan reverse shifting atau mengoper ke gigi rendah.

Tidak sembarang orang mampu melakukan itu. Sehingga, keahlian pembalap dapat di Sirkuit Mandalika dapat dilihat dari bagaimana mereka dapat melewati tantangan tikungan 10.

“Di sinilah sensai yang akan dirasakan para rider MotoGP maupun Superbike nantinya. Ini yang kemudian jadi ciri khas Sirkuit Mandalika,” kata Direktur Strategis dan Komunikasi MGPA, Happy Harianto  belum lama ini.

Sirkuit Mandalika memiliki 17 tikungan, dengan 11 tikungan kanan dan tikungan ke kiri. Banyaknya tikungan di sana sesuai dengan kualitas sirkuit.

Sirkuit Mandalika menggunakan aspal Stone Mastic Asphalt (SMA). Aspal tersebut merupakan aspal terbaru yang terbaik di dunia.

Tidak semua sirkuit di dunia menggunakan produk aspal tersebut, karena SMA baru dikeluarkan pada tahun 2015.

Baru ada dua sirkuit di dunia ini yang telah menggunakan SMA. Masing-masing adalah Silverstone dan Philip Island.

Keunggulan aspal SMA adalah daya cengkram dengan roda yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan manuver berkendara pembalap. Sehingga sangat cocok dengan banyaknya tikungan di Sirkuit Mandalika. (red)

Sumber foto: MGPA via Kompas.com