Sirkuit Mandalika Kotor, ITDC Mulai Lakukan Pembersihan Rutin

KORANNTB.com – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama anak perusahaan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akan melakukan pembenahan di Sirkuit Mandalika pasca pramusim kemarin.

Sejumlah pembenahan akan dilakukan. Paling menonjol adalah melakukan pembersihan rutin di lintasan sirkuit.

Sebelumnya, pramusim kemarin sempat tertunda karena lintasan kotor akibat banyaknya krikil dan pasir di lintasan.

“ITDC Group juga akan melakukan pembersihan menggunakan kendaraan pembersih track ‘track jet truck’ yang memiliki
penyemprot air bertekanan tinggi dilengkapi rotating brush untuk memasuki lintasan dan membersihkan area-area tertentu,” kata Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer, melalui keterangan pers, Rabu, 16 Februari 2022.

Tidak menutup kemungkinan, akan dilakukan penambahan alat untuk membersihkan sirkuit, juga dibantu dengan crew maintenance.

“Kami telah berkoordinasi dengan FIM terkait kebutuhan sejumlah pembenahan dan penyempurnaan di main track sirkuit. Dan FIM telah menerima rencana kerja kami dalam peningkatan kualitas sirkuit tersebut,” ujarnya.

ITDC akan berkolaborasi dengan kontraktor utama mereka, PT
Pembangunan Perumahan Tbk serta Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI) untuk memenuhi target yang ditetapkan FIM.

“Kami berharap komitmen kami untuk menjaga kondisi dan meningkatkan kualitas lintasan Pertamina Mandalika Circuit
ini dapat memberikan race experience terbaik bagi para riders dan penonton saat balapan digelar nanti,” ujarnya

Sementara, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan, telah melakukan diskusi dengan Dorna dan FIM atas sejumlah catatan pasca pramusim.

“Kami telah melakukan diskusi dengan pihak Dorna Sport dan FIM terkait sejumlah catatan atas penyelenggaraan Official Test dan kami berkomitmen untuk melakukan penyempurnaan berdasarkan catatan tersebut dan memastikan persiapan baik,” ujarnya.

Sejumlah fasilitas penunjang MotoGP akan terus dibenahi. Mulai dari fasilitas penonton, infrastruktur penunjang transportasi menuju Sirkuit Mandalika, hingga protokol kesehatan saat MotoGP. (red)