KORANNTB.com – Penonton MotoGP Mandalika masih menumpuk hingga malam hari, Minggu, 20 Maret 2022. Para penonton belum mendapatkan shuttel bus gratis yang telah dipersiapkan untuk mengantar mereka.

Saat MotoGP selesai, puluhan ribu penonton pulang dan menunggu bus yang akan mengantar mereka di parkiran (parkir timur dan barat). Namun kondisi jalan luar sirkuit sangat macet, sehingga membuat penumpang harus menunggu lama hingga malam hari.

Banyak penonton yang lama menunggu terpaksa harus berjalan kaki menuju parkir timur atau barat yang jaraknya belasan kilometer dari sirkuit.

“Belum ada bus ini. Tunggu saja di sini,” ujar petugas di sirkuit menenangkan penonton.

Beberapa awak media juga tidak mendapat tumpangan bus, sehingga ikut berjalan kaki bersama penonton lainnya. Di tengah jalan, penonton melihat mobil bak terbuka milik marshal, sehingga ikut menumpang. Sayangnya jumlah penonton hanya beberapa orang saja yang bisa dimuat.

Terpantau, truk milik kepolisian juga diturunkan untuk membantu membawa penonton ke arah parkir tujuan. Namun masih banyak penonton yang tidak kebagian bus.

Sampai di lokasi parkir timur atau parkir barat, penonton harus menunggu bus lagi untuk mengantar mereka ke lima koridor jemput sebelumnya. Lima koridor itu adalah Lembar dan Gili Mas di Lombok Barat, eks Bandara Selaparang Mataram, Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Praya, Kayangan Lombok Timur, dan Bangsal Lombok Utara.

Namun hingga beberapa jam menunggu, bus-bus belum datang menjemput mereka. Beberapa penonton terlihat tiduran di sekitar parkiran menunggu bus mereka.

Banyak sekali protes dari penonton soal lambatnya bus yang akan membawa mereka.

Banyak video beredar kondisi penonton yang menunggu bus hingga malam hari. Mereka ingin komplain, namun tidak menemukan panitia di lokasi.

“Masih menumpuk, belum ada bus yang datang. Oh MGPA, oh Mandalika, namamu saja yang besar. Aparat tidak dapat berbuat banyak, karena sampai detik ini panitia tidak terlihat batang hidungnya di lokasi,” ujar seorang warga dalam video yang beredar.

“Kasihan banget rakyat kecil, rakyat jelata kayak begini. Tapi yang kelas-kelas wahid (satu) enak mobil bisa masuk sampai kursinya,” katanya.

Untuk diketahui, sebanyak 363 shuttel bus gratis telah disiapkan untuk penonton MotoGP Mandalika. 278 bus mengangkut penumpang dari lima koridor jemput ke parkir timur dan barat Sirkuit Mandalika. Sementara ada sebanyak 85 bus yang akan mengangkut penumpang dari parkir timur dan barat ke Sirkuit Mandalika. (red)

Foto: Ratusan penonton menanti bus jemputan di Sirkuit Mandalika (istimewa)