Kontrak MotoGP Mandalika 10 Tahun, MXGP Samota 4 Tahun

KORANNTB.com – Berbagai event internasional digelar di Nusa Tenggara Barat. Itu semua tidak terlepas dari semangat Presiden Jokowi yang menjadikan Lombok sebagai Bali baru. Begitu juga dengan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah yang terus mendorong daerah ambil peran menggelar event dunia.

Kabar baiknya, Sirkuit Mandalika telah menandatangani kontrak dengan Dorna Sports untuk menggelar MotoGP selama 10 tahun. Sehingga, MotoGP kemarin bukan menjadi yang terakhir.

Selain itu, berbagai event juga akan digelar di Mandalika, mulai dari WorldSBK, Asian Talent Cup dan GT World Challenge. Itu sekaligus membantah potensi Sirkuit Mandalika akan mangkrak selepas MotoGP kemarin.

Tidak hanya Pulau Lombok, di Pulau Sumbawa juga akan menggelar ajang balapan motocross dunia atau Motocross Grand Prix (MXGP). Bahkan kontrak yang ditandangani selama empat tahun.

Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviani, mengatakan kontrak fee telah dibayar oleh sponsor untuk menggelar MXGP.

“PT Samota Enduro Gemilang sebagai promotor lokal sudah membayar kontrak fee Rp8 miliar,” katanya, Kamis, 31 Maret 2022.

MXGP yang akan digelar 24-26 Juni 2022 tidak memberatkan APBD Kabupaten Sumbawa. Justru segala persiapan tengah digenjot untuk suksesnya event tersebut, untuk mendorong promosi wisata sekaligus keuntungan bagi pelaku industri pariwisata dan UMKM.

“Kita terus melakukan sosialisasi kepada UMKM, akomodasi, restoran, penginapan seperti hotel dan homestay,” ujarnya. (red)

Foto: Sirkuit Mandalika/istimewa

BACA:  Ada "Mafia" Kamar Hotel Jelang MotoGP Mandalika?