KORANNTB.com – Ajang balapan motocross dunia atau Motocross Grand Prix (MXGP) akan digelar 24-26 Juni 2022 di kawasan Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Segala sarana dan prasarana penunjang telah mulai dikerjakan, mulai dari perpanjangan runway bandara, pembenahan pelabuhan hingga infrastruktur jalan dan sirkuit.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, menunjuk Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Ridwansyah untuk menjadi komandan lapangan.

Ridwansyah diketahui sejak jauh hari telah memantau dan mengikuti progres pembangunan lokasi sirkuit MXGP, sehingga telah paham kondisi lapangan.

“Karena sudah mengikuti dari awal maka kita tunjuk Ridwansyah sebagai Komandan Lapangan penyelenggaraan MXGP di Samota Sumbawa NTB,” kata Zulkieflimansyah, Selasa, 5 April 2022.

Zulkieflimansyah mengatakan momentum MXGP menjadi kesempatan untuk mengembangkan dan memajukan UMKM.

Ridwansyah mengatakan promotor MXGP dalam waktu dekat akan berkunjung untuk mengecek kesiapan sirkuit.

“Dalam waktu dekat pihak promotor MXGP akan datang ke Samota, sehingga bisa dipastikan bagaimana model dan bentuk sirkuitnya serta bagaimana letak fasilitas-fasilitas yang akan dibangun,” ujarnya.

Tidak seperti Mandalika, Sirkuit Samota khusus untuk motocross, sehingga hanya memerlukan gundukan tanah untuk balapan.

“Karena ini sirkuit tanah, bisa dikerjakan lebih cepat dibandingkan MotoGP,” katanya.

Selain kesiapan sirkuit, dia mengatakan kesiapan transfortasi menjadi penting layaknya MotoGP di Sirkuit Mandalika. Persoalan transportasi juga sudah selesai.

Selain itu menjadi tantangan adalah kesiapan Bandara Sultan Kaharuddin sebagai pintu masuk para pembalap dan kru. Menurutnya, pemerintah sudah meminta agar pelapisan runway bandara segera ditambah agar bisa didarati oleh pesawat Boeing 737 seri 300 atau Airbuss.

“Dengan segala persiapan yang dilakukan tinggal 60 hari efektifnya MXGP bisa digelar sesuai harapan,” ujarnya. (red)