Desa Besari di Lombok yang Penuh Misteri

KORANNTB.com – Jika di Indonesia sempat viral kisah KKN di Desa Penari, di Lombok diyakini memiliki sebuah desa bernama Desa Besari. Desa tersebut diyakini adalah desa gaib yang penduduknya berada di dimensi berbeda.

Desa tersebut berada di Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Konon di dekat sebuah wisata air terjun Desa Genggelang, memiliki desa tetangga yang bernam Desa Besari.

Banyak orang asing yang datang ke sana pernah secara tidak sengaja memasuki desa tersebut dan berinteraksi dengan penduduk lokal. Hingga sesuainya berkunjung di sana, menemukan banyak kejanggalan.

Ada seorang pedagang tikar yang mengaku tikarnya laris manis di Desa Besari. Saat keesokan dia ingin menjual lagi, justru penduduk Desa Genggelang menyadarinya bahwa tidak ada desa di tempat yang dia tuju. Hanya ada hutan yang cukup luas dan perkebunan.

Tentu saja pedagang tikar itu tidak yakin karena kemarin sudah pernah berdagang di sana. Dia kemudian pergi mengecek desa tersebut, namun hanya hutan yang ditemukan.

Kisah lainnya, ada seorang pria yang telah berkenalan dengan gadis di Desa Besari. Dia jatuh cinta dengan gadis desa tersebut dan berjanji akan datang berkunjung lagi. Namun saat akan berkunjung lagi, justru tidak menemukan desa tersebut. Dia bertanya pada penduduk di sekitar desa misterius tersebut, namun hanya mitos keberadaan desa yang dia dengar. Seketika bulu kuduk pria tersebut berdiri.

Desa yang Hilang

Sejarah Desa Besari memiliki cerita yang cukup menarik. Konon dahulunya saat ekspansi Kerajaan Karangasem Bali ke Mataram, sebuah kedatuan (kerajaan) bernama Besari di Mataram menyelamatkan diri ke Lombok Utara bersama penduduk.

Raja dan penduduk tidak ingin menjadi korban ekspansi Karangasem. Mereka menyelamatkan diri di Lombok Utara dan membangun desa dengan nama sama. Namun ekspansi Karangasem terus meluas. Tidak hanya Mataram, bahkan masuk ke wilayah lain.

BACA:  Kisah Mistis Desa Besari di Lombok, Penduduk Gaib Menampakkan Diri

Sang datu berdoa agar kedatuannya tidak diekspansi oleh Karangasem. Doanya dikabulkan Allah SWT hingga membuat kedatuannya berserta penduduknya menghilang dari dunia nyata.

Hingga kini desa tersebut oleh penduduk sekitar masih diyakini ada. Namun dalam bentuk tak kasat mata.

Namun tidak pernah terdengar kabar ada orang yang menjadi korban saat masuk ke desa misterius tersebut. Beberapa orang mengatakan penduduk Besari tinggal di alam gaib dan sangat ramah. (red)

Foto: ilustrasi hutan (iStock)