Tenggelam di Bendungan Pengge, Seorang Pencari Ikan Meninggal

KORANNTB.com – Setelah sempat dilaporkan menghilang pada Senin kemarin saat mencari ikan di Bendungan Pengge, Lombok Tengah, Kemat alias Amiq Sari (55) ditemukan meninggal dunia, Selasa, 16 Agustus 2022.

Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit, mengatakan jenazah korban ditemukan tersangkut pada jaring yang telah disiapkan Tim SAR untuk pencarian kemarin.

“Ditemukan tidak jauh dari lokasi kejadian, korban tersangkut di rescue net yang telah dipasang sebelumnya, selanjutnya langsung diserahkan ke pihak keluarga,” katanya.

Kejadian bermula saat korban bersama warga menangkap ikan menggunakan jaring dengan menggunakan perahu masing-masing. Tiba-tiba korban jatuh dari sampannya dan berteriak minta tolong.

Rekannya yang mendengarkan teriakan tersebut bergegas menuju korban. Jarak yang cukup jauh menyebabkan upaya pertolongan tidak berhasil dilakukan, korban tenggelam sebelum tiba di lokasi kejadian. Warga setempat pun melakukan pencarian dan melaporkannya ke pihak terkait.

Tim Rescue dilengkapi dengan peralatan selam, perahu karet bermesin, dan peralatan pendukung lainnya diberangkatkan untuk melakukan pencarian bersama TNI, Polri, BPBD, Pemadam Kebakaran, Pol PP, warga setempat dan lainnya.

Setelah melakukan penyisiran melalui permukaan air, penyelaman, dan menggunakan rescue net sejak kemarin (Senin), akhirnya tim SAR gabungan menemukan korban hari ini sekitar pukul 10.50 Wita dengan kondisi meninggal dunia.

Posisi pemasangan rescue net disesuaikan dengan lokasi yang ditunjukan oleh alat aqua eye. Kondisi air bendungan yang keruh dan berlumpur, mengakibatkan penyelaman tidak efektif.

“Akibat jarak pandang yang sangat terbatas saat penyelaman, sehingga kita gunakan rescue net,” ujar Nanang. (red)

BACA:  Cari Kayu di Hutan, Seorang Anak di Dompu Tewas Jatuh dari Tebing