KORANNTB.com – Gempa bumi 5,8 magnitudo yang dimuktahirkan menjadi 5,6 magnitudo mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, pukul 16.36 WITA, Senin, 22 Agustus 2022.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi, mengatakan gempa berpusat di 74 kilometer Kuta Selatan. Gempa tersebut berada pada kedalaman 124 kilometer.

“Berada pada kedalaman 124 kilometer dengan posisi 9,36 lintang selatan dan 115,59 bujur timur,” katanya.

Dari data sementara, sebuah rumah di perumahan BTN Roemah Mandalika, Praya Tengah, Lombok Tengah terdampak gempa. Dinding rumah rubuh menimpa kios dan kamar milik korban.

Korban gempa, Muhammad Hamdiana, mengatakan saat itu dia sendirian sedang menonton televisi di rumahnya. Namun gempa keras datang, sehingga dia lari menyelamatkan diri.

“Kios, kamar tidur dan kamar mandi saya hancur. Dinding semua roboh ini,” katanya.

Dia mengatakan, beberapa perabotan rumah tangga dan barang elektronik miliknya tertimpa runtuhan dinding. Namun beruntung gempa tidak melukai diri dan keluarganya.

“Gempanya besar sekali kayak ditarik begitu. Saya langsung pusing dan lari ke luar,” ujarnya.

Malam ini dia mengungsi ke rumah keluarganya. Dia mengatakan, bangunan rumah yang rusak tersebut untuk saat ini tidak dapat ditempati.

“Kalau malam ini kita mengungsi. Ini bata-bata dan debu masih belum dibersihkan. Kita mengungsi ke rumah keluarga,” katanya. (red)