KORANNTB.com – Stadion internasional direncanakan akan dibangun di Lombok Barat. Ada tiga alternatif tempat yang akan dipilih untuk pembangunan stadion. Masing-masing adalah Kecamatan Narmada, Lingsar dan Kuripan.

Dari ketiga tempat itu, salah satunya nanti akan dipilih menjadi lokasi pembangunan.

Ketua KONI NTB, Mori Hanafi memastikan stadion tersebut dapat menampung 60 hingga 70 ribu penonton. Lahan yang akan disiapkan seluas 15 hektare dengan anggaran Rp2 triliun. Menariknya, anggaran dari pemerintah pusat.

Stadion tersebut nantinya akan digunakan untuk PON ke-22 pada 2028. Persiapan mulai dilakukan pasca NTB dan NTT terpilih menjadi tuan rumah PON.

Pegiat pariwisata, Rudi Lombok mengapresiasi rencana pembangunan itu. Menurutnya, Lombok akan semakin dikenal dengan sport tourism setelah sebelumnya memiliki Sirkuit Mandalika.

“Ya tentu itu sangat bagus. Kita sudah punya (Sirkuit) Mandalika ditambah stadion tentu menjadi penunjang sport tourism,” katanya, Jumat, 23 September 2022.

Hanya saja Rudi berpesan agar stadion tidak sebatas rencana, namun bisa direalisasikan.

“Ya semoga tidak sebatas rencana. Yang pasti teman-teman pariwisata akan mendukung,” ujarnya.

Rudi juga mengatakan animo wisatawan ke Lombok sudah mulai membaik pasca pandemi. Gili Trawangan contohnya, yang sudah lama nyaris mati, kini dapat hidup kembali. (red)

Foto: stadion sepakbola (Pixabay)