KORANNTB.com – Rumah yang ditinggal penghuninya alias kosong sangat cepat rusak dibandingkan dengan rumah yang ditempati. Itu bisa dilihat pada perumahan subsidi yang pemiliknya sengaja membeli hanya untuk sekedar investasi. Kondisinya cukup memprihatinkan dibandingkan rumah yang terisi.

Ada beberapa penyebab rumah kosong mudah rusak. Berikut ini koranntb himpun penyebab rumah kosong mudah rusak.

1. Kelembaban tinggi

Kondisi rumah kosong cepat rusak karena kelembaban yang sangat tinggi. Rumah tersebut tertutup sehingga sirkulasi udara terganggu. Udara segar dan cahaya matahari tidak dapat masuk, sehingga memicu kelembaban tinggi dan pelapukan. Belum lagi saat rumah kosong, cenderung lampu dimatikan, sehingga memicu kondisi tambah lembab.

2. Sarang serangga

Jika rumah tidak ditempati maka jarang juga dibersihkan. Itu menyebabkan rumah akan menjadi sarang serangga, rayap dan segala macam yang memicu pelapukan kayu maupun langit-langit rumah.

Serangga yang bersarang di rumah akan memakan bahan-bahan rumah yang terbuat dari kayu. Itu mempercepat pelapukan setelah ditambah kelembaban yang tinggi.

3. Tumbuh jamur

Kondisi rumah yang lembab akan menyebabkan jamur cepat tumbuh. Jamur maupun bakteri lain yang bersumber dari kotoran hewan yang masuk, membuat rumah sangat kotor dan cepat rusak.

Rumah yang berjamur dan lembab akan memicu cat tembok cepat mengelupas. Belum lagi banyak sarang laba-laba dan serangga. Itu membuat syarat rumah mudah rusak terpenuhi. (red)