KORANNTB.com – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi NTB membantu beras untuk kebutuhan tujuh hari ke depan kepada 470 jiwa korban bencana angin puting beliung di Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur.

Penyerahan bantuan dilakukan Kepala Dinas Sosial NTB, H. Ahsanul yang diterima perwakilan warga yang disaksikan Camat setempat, Senin (10/10) kemarin.

Ahsanul yang karib disapa AKA mengatakan, bahwa selain bantuan beras pihaknya juga menyiapkan satu terpal untuk satu kepala keluarga yang dilakukan untuk meringankan beban warga yang terdampak bencana angin puting beliung pada Minggu, 9 Oktober 2022 sekitar pukul 15.30 Wita.

“Jadi bantuan terpal ini bersifat sementara untuk membantu warga untuk bisa tidur dan beristirahat dengan nyaman sambil menunggu perbaikan rumah warga yang terdampak oleh pemerintah daerah,” ujar AKA, dalam pesan tertulisnya.

Ia mengatakan, bantuan beras bagi warga terdampak angin puting beliung jika di estimasikan, yakni setiap jiwa akan memperoleh 0,4 kilogram per harinya selama satu minggunya.

Nantinya, bantuan beras ini akan disiapkan kembali bagi para pengungsi jika ada tambahan warga yang terdampak.

“Yang pasti kami enggak akan tinggal diam manakala situasi belum normal kita akan pasok lagi kebutuhan beras untuk tujuh hari kedepannya,” kata Ahsanul.

Data terbaru dari tim Tagana Dinsos Provinsi NTB menyebutkan bahwa jumlah jiwa yang terdampak sebanyak 470 jiwa dengan rinciannya, sebanyak 104 rumah warga rusak ringan, 23 rumah rusak sedang dan rusak berat sebanyak 16 unit. (red)