KORANNTB.com – World Superbike atau WSBK di Sirkuit Mandalika Lombok akan diwarnai dengan berbagai pertunjukan kesenian dan hiburan.

WSBK yang akan digelar 3 hingga 5 Maret 2023 diisi dengan sejumlah atraksi budaya. Puncaknya akan digelar festival kolosal “Inen Gumi” yang akan diikuti 210 pegiat seni dari 10 kabupaten dan kota di NTB.

“Puncak dari pertunjukan seni dan budaya ini akan di tutup oleh persembahan Inen Gumi,” kata Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, Baiq Ika Wahyu Wardani, Rabu kemarin.

Pertunjukan kolosal Inen Gumi menyiratkan pesan bahwa dalam kehidupan bermasyarakat NTB yang tidak luput dari berbagai macam konflik, perseteruan dan bahkan pertikaian yang akan diilustrasikan melalui duel Gendang Beleq dan Peresean.

“Agar bisa terbebas dari konflik dan perseteruan tersebut, diperlukan kesadaran diri yang tinggi bahwa musuh yang sesungguhnya ada di dalam diri kita masing masing. Untuk dapat mencapai kesadaran tersebut, bumi dan juga isinya, termasuk kita, perlu di Sembek Gumi atau Berkati Bumi dalam bahasa Indonesia. Situasi ini akan di gambarkan melalui  Ritual Penyembek,” jelasnya.

Ika menjelaskan, ketika bumi dibaluti dengan kedamaian maka akan terciptanya sebuah keindahan dan masyarakat akan hidup dalam kebahagiaan.

“Ketika bumi dan manusia sudah mulai berdamai, dunia akan diselimuti dengan keindahan dan masyarakat hidup dalam kebahagiaan yang akan diilustrasikan melalui Tari Cilinaya,” ujarnya.

Nantinya, panggung hiburan akan terbagi di dua lokasi, Lombok Sumbawa Fair akan mempersembahkan musik hiburan yang menampilkan banyak artis lokal NTB yang sudah mendapatkan rekognisi nasional seperti Desy Natalia X Factor, Abhy Summer, Gita KDI, The Datu, Amtenar, Wet Band, Gokil Boys, Tanaman Kaktus, Discopanthera dan band legendaris nasional, Jamrud.

“Berlokasi di Festival Stage, para artis tersebut siap menghibur para penonton dengan lagu lagu hits mereka,” katanya.

Sementara itu di lokasi Paddock, Pit Walk dan Starting Grid, berbagai pertunjukan kesenian dan budaya siap membawa penonton hanyut ke dalam nuansa keindahan seni dan tradisi di NTB. (red)