KORANNTB.com – Aneka miniatur pawai takbiran di Kecamatan Gerung, Lombok Barat memenuhi jalanan mulai dari depan Masjid Baitul Atiq Gerung hingga depan Kantor Bupati Lombok Barat, Jumat, 21 April 2023.

Ribuan massa ikut memeriahkan pawai dengan membawa miniatur masjid, perahu, miniatur Ka’bah, miniatur Al-Quran hingga miniatur Langgar atau masjid adat Sasak Lombok. Massa yang didominasi santri, pelajar, remaja masjid hingga warga antusias mengikuti pawai takbiran.

Paling menonjol adalah miniatur Bahtera Nabi Nuh lengkap dengan seseorang menggunakan jubah dan jenggot palsu di haluan kapal. Miniatur tersebut didesain menarik sehingga saat dibawa menimbulkan kesan kapal seperti bergelombang dihantam ombak besar, persis kisah Nabi Nuh AS.

Miniatur Bahtera Nabi Nuh menjadi sorotan warga yang menyaksikan pawai. Ramai-ramai warga mengabadikan miniatur tersebut menggunakan ponsel mereka.

Beberapa pekan sebelum malam takbiran, Pemda setempat telah mengumumkan kepada warga tentang rute pawai takbiran, sehingga warga sejak awal membuat desain miniatur yang kreatif dan terbaik.

Suasana takbiran di Gerung Lombok Barat lebih meriah dari tahun sebelumnya. Pada tahun lalu takbiran sangat sepi karena masih dalam masa pandemi. Namun kini warga antusias melepaskan kerinduan pada takbiran dengan beramai-ramai terlibat dalam pawai takbir.

Miniatur Bahtera Nabi Nuh di Gerung Lombok Barat (koranntb.com)

Selanjutnya: Dikawal 800 Aparat