KORANNTB.com – Sejumlah negara mengeluhkan panas esktrim yang melanda. Di Thailand panas hingga 54 derajat celcius mengakibatkan banyak keluhan dari masyarakat. Sementara di Bangladesh suhu tertinggi tembus 50 derajat celcius yang membuat negara tersebut bak neraka.

Sementara di Indonesia, sejumlah daerah mengalami suhu panas yang meningkat dibanding biasanya. BMKG merilis ada lima penyebab suhu terasa panas di Indonesia.

Lima penyebab tersebut yaitu:

1. Dinamika atmosfer yang tidak biasa

2. Suhu panas bulan April di wilayah Asia Selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu Matahari, lonjakan panas tahun 2023 adalah yang terparah

3. Tren pemanasan global dan perubahan iklim, gelombang panas “heatwave” semakin berisiko berpeluang terjadi 30 kali lebih sering

4. Dominasi monsun Australia, Indonesia memasuki musim kemarau

5. Intensitas maksimum radiasi Matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan.

BMKG mengajurkan masyarakat untuk banyak mengkonsums air mineral agar terhindar dari dehidrasi dan tidak keluar rumah jika tidak ada aktivitas penting.

Saat ini Indonesia juga masih mengalami peralihan ke musim kemarau, sehingga cuaca dapat sewaktu-waktu turun hujan atau panas yang begitu menyengat. (red)