KORANNTB.com –  Penggunaan sepeda listrik di Indonesia semakin berkembang. Sepeda listrik sudah banyak digunakan sebagai alat transportasi jarak dekat. Daerah pariwisata seperti Lombok sudah banyak ditemukan sepeda listrik khususnya di Kuta Mandalika dan Gili Trawangan.

Sepeda listrik memilik bahan bakar listrik yang bersumber dari baterai yang ada dalam sepeda tersebut. Karena sumber dari baterai, banyak masyarakat yang khawatir apakah sepeda listrik tersebut tahan air atau tidak.

Sepeda listrik telah didesain tahan segela cuaca baik saat panas maupun hujan. Sehingga meskipun hujan deras, sepeda listrik masih aman.

Hal yang sama juga saat sepeda listrik dimandikan. Memandikan sepeda listrik boleh dilakukan. Badan sepeda listrik dapat dbersihkan dengan sabun dan air. Kemudian komponen tersembunyi di dalam sepeda listrik bisa dilap dengan kain untuk membersihkan debu yang menempel atau sarang laba-laba.

Sehingga pemilik sepeda listrik tidak perlu khawatir memandikan sepeda listrik asal dilakukan dengan air yang secukupnya, karena komponen sepeda listrik tidak banyak seperti sepeda motor sehingga hanya membutuhkan membersihkan dengan air secukupnya.

Hindari membersihkan bateri sepeda listrik langsung dengan air. Cukup dengan mengelap menggunakan kain agar bersih. (red)