KORANNTB.com – Suhu di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Senin malam 15 Mei 2023 cukup dingin. Suhu dingin di malam hari terasa hampir di semua wilayah Pulau Lombok.

Suhu terdingin berada di Gunung Rinjani yang saat ini berada pada 2 derajat celcius. Suhu tersebut nyaris mencapai titik beku. Kondisi presipitasi mencapai 5 persen, kelembapan 87 persen dan angin bertiup 3 kilometer/jam.

Sementara di Desa Tetebatu Lombok Timur suhu saat ini 8 derajat celcius dengan kelembapan 96 persen dan presipitasi 0 persen.

Suhu dingin saat ini umum terjadi karena NTB memasuki peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Selian suhu dingin, gelombang tinggi mencapai 2 meter atau lebih juga terjadi di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Selat Sape bagian selatan dan Samudera Hindia Selatan NTB.

“Dimohon untuk masyarakat yang tinggal atau beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Sri Aprilia Khoirunisa.

Kondisi gelombang di atas 1,25 meter berbahaya bagi perahu nelayan, gelombang di atas 1,5 meter berbahaya bagi kapal tongkang dan di atas 2,5 meter berbahaya bagi kapal ferry. (red)