KORANNTB.com – Bagi masyarakat yang ingin berkuliah dan masih bimbang memilih jurusan kuliah, sebaiknya simak daftar jurusan kuliah yang paling mudah dapat kerja pada 2023 ini.

Berikut ini adalah jurusan kuliah yang lulusannya mudah mendapatkan kerja.

1. Ilmu Hukum

Tahun 2023 musim di mana kasus hukum terus mencuat. Mulai dari kasus pidana, perdata hingga sengketa bisnis. Ilmu hukum dapat menempati profesi strategis dalam peristiwa tersebut misalnya menjadi pengacara, notaris, hakim, jaksa dan lainnya.

Tidak hanya itu, banyak perusahaan membutuhkan orang hukum yang membantu setiap urusan hukum. Banyak perusahaan baru muncul yang membutuhkan orang hukum di dalamnya. Banyak juga instansi yang membutuhkan orang yang paham hukum.

Selain itu ilmu hukum juga membantu kita dalam menghadapi masalah di kemudian hari yang bisa saja timbul seperti kasus ITE. Bahkan petani pun perlu belajar hukum untuk menghadapi tanah yang berpotensi dirampas oleh kekuatan jahat.

2. Teknik Informatika

Era saat ini membutuhkan orang melek teknologi dan digitalisasi. Segala lini kehidupan masyarakat saat ini membutuhkan teknologi. Bahkan orang berbelanja menggunakan teknologi. Jika Anda bisa menguasai pemrograman dan membuat aplikasi bisa menjadi cuan yang sangat menguntungkan. Apalagi saat ini banyak kisah orang tidak bersekolah tinggi menjadi kaya karena tahu cara membuat aplikasi atau game.

Foto: Ilustrasi/Shutterstock

3. Desain Komunikasi Visual

Saat ini banyak sekali konten kreator yang berkembang. Masyarakat saat ini menerima informasi lebih tertariki dari visual ketimbang membaca. Belum lagi konten kretaor dengan target membuat animasi untuk anak-anak mulai dibutuhkan. Jurusan ini menjadi ladang cuan. Profesi-provesi seperti editor video, animator video hingga sutradara bisa menantimu.

4. Ilmu Komunikasi

Memahami ilmu komunikasi pada era modern saat ini adalah hal yang menakjubkan. Jika memiliki bekal menulis atau berbicara di depan umum, maka perlu diasah lagi pada jurusan ini. Profesi seperti jurnalis, marketing, humas atau juru bicara, penyiar, presenter dan lainnya dapat menghampiri kariermu.

5. Teknik Industri

Sudah bukan jadi rahasia lagi era saat ini adalah era industrialisasi. Dengan mempelajari teknik industri dapat memiliki karier yang gemilang pada bidang seperti manajemen hingga perencanaan biaya. Perusahaan banyak membutuhkan jurusan ini. (red)