KORANNTB.com – Umat muslim wajib melaksanakan salat fardu lima waktu. Namun tidak jarang saat sedang salat, umat muslim dibuat tidak khusyuk saat melaksanakan salat. Bahkan di pertengahan salat terkadang lupa sudah mengerjakan rakaat ke berapa.

Saat orang salat dan lupa telah menunaikan berapa rakaat, bisa jadi tengah diganggu oleh jin bernama khinzib atau khanzab. Setan atau jin yang satu ini memang spesialisnya mengganggu orang yang sedang melaksanakan ibadah salat.

Ustaz Adi Hidayat dalam ceramahnya pernah menyinggung jin yang satu ini. Saat orang sedang salat, jin khinzib atau khanzab membuat orang tersebut mengingat segala macam yang bahkan tidak ingin diingat. Itu agar orang tidak khusyuk melaksanakan salat.

“Apabila seseorang sedang bertakbir maka setan berbisik kepadanya ingat ini, ingat itu. Saat takbir masih bisa fokus, nah setelah takbir bisa tidak fokus. Ingat semua apa yang tidak ingin diingat,” katanya.

“Sampai dia tidak sadar beberapa rakaat sedang menunaikan salat,” ujarnya.

Tidak hanya sedang salat, saat orang sedang berwudhu pun juga diganggu agar wudhu mereka tidak sempurna.

Sujud Sahwi

Jika orang lupa berapa rakaat telah menunaikan salat di tengah salat tersebut berlangsung, maka disarankan untuk melakukan Sujud Sahwi. Sujud Sahwi dilakukan jika orang ragu sudah berapa rakaat tengah melakukan salat.

Waktu melakukan sujud Sahwi di antara tasyahud akhir dan salam. Sujud Sahwi dilakukan di dalam rakaat sholat (yang diragukan jumlah rakaat/gerakan sholatnya) setelah tasyahud akhir dan dilanjutkan dengan salam.

Sebelum Sujud Sahwi harus mengucapkan takbir terlebih dahulu, kemudian sujud sebanyak dua kali dengan membaca “Subhana man laa yanaamu wa laa yas huw” yang artinya “Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa”. Kemudian dilanjutkan dengan salam untuk mengakhiri salat.