KORANNTB.com – Setelah musim kemarau yang panjang, NTB berpotensi diguyur hujan ringan dalam tujuh hari ke depan, mulai dari 7 September hingga 13 September 2023.

Prakirawan Stasiun Meteorologi ZAM, M. Andre Jersey mengatakan pada 7 hingga 9 September cuaca di NTB umumnya diperkirakan cerah hingga hujan ringan. Potensi hujan ringan terjadi di beberapa tempat.

“Potensi hujan ringan terjadi di wilayah Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa dan Bima pada siang hingga sore hari,” katanya dalam keterangan pers, Kamis 7 September 2023.

Link Banner

Pada waktu itu suhu udara akan berkisar 19 derajat celcius hingga 34 derajat celcius, dan angin permukaan bertiup dengan varian arah dominan dari timur ke selatan dengan kecepatan 37km/jam.

Kemudian pada 10 hingga 13 September potensi hujan ringan terjadi di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa dan Bima mulai siang hingga sore hari.

“Pada 10-13 September suhu udara berkisar 20 derajat celcius hingga 34 derajat celcius dan angin permukaan bertiup dengan varian arah dominan dari timur ke selatan dengan kecepatan 37km/jam,” ujarnya.

Sebagai informasi, kategori hujan ringan intensitas 0,1-5,0 mm/jam atau 5-20 mm/hari. Meskipun potensi hujan terjadi, secara umum NTB saat ini masih berada pada musim kemarau dan masih berpotensi terjadi kekeringan di sejumlah tempat.