Penulis: Fina Puji Hati (Mahasiswi UIN Mataram)

KORANNTB.com – Wisata Air Terjun Benang Kelambu merupakan tempat wisata yang menyajikan pemandangan dengan air terjun yang sangat indah. Tempat wisata satu ini menjadi salah satu wisata favorit bagian masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Lokasi wisata ini berada di Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah.

Nama Benang Kelambu sendiri diberikan oleh masyarakat sekitar karena penampakan dari air terjun ini mirip seperti kelambu (tirai) berwarna putih.

Selain airnya yang dingin dan segar, wisata Benang Kelambu ini menyuguhkan tempat permandian dengan nuansa hutan wisata.

Jika pengunjung ingin menghabiskan akhir pekan dengan menikmati wisata dengan keindahan alam dan airnya yang dingin, pengunjung bisa mengunjungi Air Terjun Benang Kelambu. Lokasinya sangat menyenangkan untuk dikunjungi.

Untuk tarif masuk ke Air Terjun Benang Kelambu, hanya dengan membayar Rp5 ribu untuk domestik. Namun untuk menuju air terjunnya pengunjung harus berjalan sejauh sekitar 1,5 kilometer. Jangan khawatir, karena jika pengunjung tidak kuat untuk berjalan maka di sana sudah tersedia jasa ojek, untuk menghemat waktu dan tenaga.

Jika tidak menyukai keramaian saat berada di sana, pengunjung dapat datang ke sana saat hari kerja mulai Senin hingga Jumat. Itu karena pada Sabtu dan Minggu Benang Kelambu selalu dikunjungi banyak orang.

Air Terjun Benang Kelambu berada dekat dengan lokasi Air Terjung Benang Stokel. Hanya menempuh jarak 1 kilometer akan tiba di Benang Stokel.

Keunikan Air Terjun Benang Kelambu karena merupakan air terjun tanpa sungai. Sumber airnya bukan dari sungai tetapi dari mata air dari dinding tebing. Di bawah air terjun terdapat kolam buatan yang dapat digunakan pengunjung untuk mandi.

Masyarakat di sana memiliki mitos yang mengatakan jika mandi di Air Terjun Benang Kelambu akan awet muda. Bahkan beberapa mitos liar juga mengatakan sumber air di sana berasal dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani.

Fasilitas yang tersedia di sana melliputi ruang ganti baju dan toilet. Sehingga tidak perlu khawatir untuk mengganti pakaian di sana.