KORANNTB.comAngin kencang di Lombok, Nusa Tenggara Barat sejak siang tadi, Kamis 9 November 2023 menyebabkan pohon tumbang di sejumlah tempat. Pohon tumbang di depan SPBU Gerimak Narmada Lombok Barat, depan SPBU Bertais Mataram dan di jalur dua Sayang-Sayang Kota Mataram.

Bidang Kedaruratan dan Logistik Pusdalops BPBD NTB, Dede Ikyaulumuddin mengatakan pohon tumbang tersebut disebabkan oleh angin kencang yang terjadi sejak siang tadi.

“Hujan disertai angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik di Kabupaten Lombok Barat dan Mataram,” katanya dalam keterangan tertulis.

Pohon tumbang di Gerimak juga menimpa dua mobil yang melintas. Belum diketahui korban dari peristiwa tersebut.

“Ini laporan sementara teman-teman TRC di lapangan, mungkin nanti ada updatenya,” ujarnya.

Selain menimpa mobil, pohon tumbang menyebabkan kemacetan yang cukup panjang. Terlebih lagi lokasi pohon tumbang di jalan penghubung  Mataram dan Lombok Tengah – Lombok Timur.

Sebelumnya, BMKG juga telah mengatakan NTB saat ini masuk musim pancaroba. Peralihan musim kemarau ke hujan menyebabkan kondisi cuaca bisa berubah menjadi estrem dan berisiko terhadap bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, pohon tumbang, banjir hingga longsor.