KORANNTB.com –  Pemerintah Republik Indonesia mengirim bantuan tahap kedua berupa alat kesehatan menuju jalur Gaza Palestina usai Israel dan Hamas resmi melakukan gencatan senjata pada Rabu 23 November 2023 kemarin.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal menjelaskan bahwa pemerintah RI merespon baik genjatan senjata yang dilakukan kubu Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

“Kita memberikan respon secara positif gencatan senjata yang disepakati oleh pihak terkait antara Palestina dan Israel,” ujar Lalu Iqbal di Praya Lombok Tengah, Minggu, 26 November 2023.

Link Banner

Lalu Iqbal mengatakan pasca genjatan senjata tersebut maka akan terbuka akses kemanusiaan yang selama ini tertutup sejak perang pecah tanggal 7Oktober 2023. Dengan dibukanya akses tersebut pemerintah RI pun segera mengirim bantuan-bantuan ke Gaza.

“Kita akan coba kirim bahan bakar, makanan peralatan medis dan sebagainya yang sangat dibutuhkan selama ini belum pernah masuk ke Gaza,” ujarnya.

Mantan Dubes Turki ini mengaku pemerintah Indonesia mengharapkan gencatan senjata antara kubu IDF sayap militer Israel dan Hamas kubu Palestina tidak berlaku sementara.