KORANNTB.com – Para Ketua asosiasi pariwisata usir ITDC dari NTB. Itu setelah Pemprov NTB memberi penghargaan terhadap PT ITDC karena telah membuat nama Lombok mendunia berkat event-event dunia yang digelar di Mandalika.

Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi berharap ITDC makin sehat dan tumbuh di masa depan untuk memajukan pariwisata di NTB.

“Semoga PT ITDC akan makin sehat dan tumbuh di masa masa yang akan datang dan terimakasih atas kiprah dan kerjasama selama ini yang dampaknya telah dirasakan dalam menumbuhkan ekonomi,” ujar Lalu Gita, Selasa lalu.

Penghargaan Pemprov NTB bertolak belakangan dengan para ketua asosiasi pariwisata di NTB. Para Ketua asosiasi pariwisata usir ITDC dari NTB.

Beberapa asosiasi pariwisata di NTB memberi raport merah untuk PT ITDC yang mengembangkan KEK Mandalika. Asosiasi pariwisata seperti ASITA, ASTINDO, PHRI dan ASPPI, menilai ITDC gagal mengelola KEK Mandalika dalam dua tahun terakhir.

Disebut, tenaga lokal yang diserap ITDC hanya 10 persen. Belum lagi ITDC disebut tidak pernah melibatkan asosiasi pariwisata untuk diskusi mengembangkan pariwisata Mandalika.

“ITDC tidak memberi manfaat untuk masyarakat. Tenaga yang lokal yang diserap ITDC tidak lebih dari 10 persen. Kegiatan ITDC sangat minim melibatkan masyarakat lokal,” kata Ketua ASTINDO, Sahlan.

Baca selanjutnya…