KORANNTB.com – Indonesia Rapat DK PBB memanfaatkan momen gencatan senjata Palestina dan Israel saat ini, untuk mendesak China sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB agar menekan Israel dan menyepakati konsensus tentang gencatan senjata permanen dan pengakuan terhadap kemerdekaan Palestina.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Kemenlu RI Lalu Muhamad Iqbal menyusul kegiatan yang dilakukan Meneteri Luar Negeri Retno Marsudi yang sedang melakukan sidang di DK PBB untuk membicarakan konflik di Gaza.

“Sekarang ini upaya kita lagi mendesak China sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB supaya lebih proaktif untuk mencapai konsensus soal perdamaian Palestina dan Israel,” kata Lalu Iqbal saat dihubungi, Kamis malam, 30 November 2023.

Menurut Lalu Iqbal, China sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB masih cenderung lambat dalam merespon konflik yang terjadi saat ini.

“Dari tiga draft konsensus yang diajukan, yang satu gagal dan dua diveto oleh Amerika. Jadi belum ada yang bisa berhasil kecuali yang dari Malta mengenai gencatan senjata kemanusian,” kata Lalu Iqbal.

Putra Lombok, Nusa Tenggara Barat yang selalu aktif memperjuangkan kemerdekaan Palestina ini menjelaskan kalau China masih terkesan sangat lambat dalam bereaksi terhadap konflik di Gaza.