Oleh: Intan Azlina, Zahwa Annajah dan Ghaida Tsuraya Annisa Hakim

KORANNTB.comHadis sebagai sumber ajaran Islam yang kedua setelah al-Quran, merupakan sarana yang berfungsi untuk menggali konsep kurikulum pendidikan Islam. Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam sistem pendidikan, karena kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan pada semua jenjang tingkat pendidikan.

Kurikulum yang baik dan relevan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Islam adalah yang bersifat integral dan komprehensif serta menjadikan al-Quran dan Hadis sebagai sumber ajaran Islam.

Ilmu Agama

Ilmu keagamaan yang terpenting adalah al-Quran, tafsir, hadis, fikih dan ketuhanan, namun ilmu agama tidak menjadi halangan untuk belajar pula ilmu-ilmu lain seperti berhitung, ilmu ukur, aljabar dan lainnya. Agama juga termasuk mata pelajaran yang diberikan berisi tentang tuntunan cara hidup. Pelajaran ini mencakup ilmu fiqh, akhlak dan ilmu yang menuntun manusia untuk meraih kehidupan yang unggul dalam segala dimensinya.

Sebagaimana yang dinyatakan dalam hadis yang artinya: Dari Abdullah bin Amr, ia berkata: “Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bukan seorang yang keji perbuatannya, juga tidak bisa berkata keji.” Bahkan Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda: “Sesungguhnya yang terbaik diantara kalian adalh yang paling baik budi pekertinya.”

Agama juga mata pelajaran yang disampaikan hendaknya mengandung ilmiah, yaitu sesuatu ilmu yang mendorong rasa ingin tahu manusia terhadap segala sesuatu yang perlu diketahui. Misalnya ilmu hitung, ilmu kedokteran, dan ilmu yang dibutuhkan untuk mencari karunia Allah melalui cara-cara yang mulia.