Pada 23 Desember 2023. Itu karena selama 3-4 hari ke depan pola tekanan rendah di sekitar Laut China Selatan masih berlangsung.

“Berdasarkan analisis, aktivitas pola tekanan rendah di sekitar Laut China Selatan masih dapat berlangsung 3-4 hari ke depan. Akan melemah intensitasnya sehingga dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di wilayah Jawa – Nusa Tenggara mulai tanggal 23 Desember 2023 mendatang,” kata BMKG.

Berbeda dengan NTB dan Pulau Jawa, saat ini justru terjadi peningkatan hujan di wilayah sekitar Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

“Pola tekanan rendah di sekitar Laut China Selatan secara tidak langsung membentuk pola pertemuan serta belokan angin dan menyebabkan terjadi peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi, sehingga dalam sepekan terakhir hujan intensitas lebat masih terjadi di sebagian wilayah Sumut, Kalbar, Kalsel, Sulteng dan Sultra,” ujar BMKG.

“Berdasarkan data analisis dinamika atmosfer terkini, dapat diprediksi bahwa potensi hujan masih terjadi di sebagian wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Tengah, Papua, Sulawesi dan Maluku pada periode 18-23 Desember 2023.”