KORANNTB.com –  Menlu RI Retno Marsudi mengecam sejumlah negara-negara barat yang menunjukan standar ganda soal Palestina. Negara-negara tersebut memilih diam melihat penjajah Israel terus menerus membombardir Palestina yang mengakibatkan puluhan ribu warga sipil tewas.

‘’Sejumlah negara ‘the Global North’ mendadak diam menyaksikan pelanggaran kemanusiaan. Kemana semua ‘kuliah’ yang sering mereka berikan mengenai HAM? Bukankah bangsa Palestina memiliki hak yang sama dengan kita semua? Kenapa seakan nilai bangsa Palestina lebih rendah dari kita?,’’ ujar Menlu Retno Marsudi dalam acara Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri RI (PPTM) 2024 di Gedung Merdeka, Bandung, Senin, 8 Januari 2023, disadur dari republika.co.id.

Retno menyebut badan keamanan PBB tidak mampu berbuat banyak untuk mengakhiri penjajahan di tanah Palestina. Penjajahan tentara zionis tidak hanya di Gaza, tetapi juga di Tepi Barat Palestina.

Banyak rumah penduduk dibombardir termasuk fasilitas medis. Bahkan Rumah Sakit Indonesia di Gaza tidak luput dari serangan Israel.

Sudah 21 ribu warga sipil tewas di Palestina akibat brutalnya aksi penjajahan Israel.

‘’Sebanyak 70 persen diantaranya adalah anak-anak dan perempuan,’’ ujar Retno.

Retno mengeritisi pandangan negara barat tentang HAM, namun justru sebaliknya membiarkan penjajahan terjadi di Palestina.