KORANNTB.com – Setelah Pelabuhan Lembar Lombok Barat menuju Padangbai Bali ditutup akibat cuaca buruk, kini pada Rabu, 14 Maret 2024 giliran Pelabuhan Kayangan Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano Sumbawa Barat ditutup.

Penutupan tersebut terhitung mulai Rabu hari ini hingga cuaca kembali membaik.

Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh. Faozal mengatakan penyeberangan dari Pulau Lombok ke Pulau Sumbawa tersebut ditutup akibat angin kencang dan tingginya gelombang.

“Angin kencang dan gelombang tinggi bro. Ditutup,” ujarnya.

Pengawas Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Kayangan, Didi Prasetia dalam edaran menjelaskan alasan penutupan Pelabuhan Kayangan.

“Diberitahukan kepada pengguna jasa angkutan penyeberangan di pelabuhan penyeberangan Kayangan, bahwa dengan alasan cuaca buruk dan pertimbangan keselamatan dan keamanan pelayaran, maka pada tanggal 14 Maret 2024 keberangkatan kapal di Lintasan Kayangan – Poto Tano ditunda sampai cuaca normal kembali,” ujarnya.

Sebelumnya BMKG mengatakan cuaca di NTB saat ini tengah dalam kondisi buruk akibat adanya bibit Siklon Tropis 91S dan 94S di Selatan Jawa yang memberikan dampak langsung ke NTB seperti peningkatan kecepatan angin dan gelombang, serta hujan lebat.

Kondisi ini masih akan berlangsung hingga tiga hari ke depan. Masyarakat diimbau mewaspadai gelombang tinggi dan pohon tumbang.