KORANNTB.com – Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh berkah dan malam yang dinantikan banyak umat muslim di dunia. Malam tersebut juga disebut sebagai malam yang sangat istimewa karena doa dan keinginan dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Banyak pertanyaan mengenai kapan malam lailatul qadar 2024, untuk itu berikut penjelasannya.

Lailatul Qadar merupakan malam ketika Allah SWT pertamakali menurunkan wahyu ayat-ayat Alquran kepada baginda Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Malam Lailatul Qadar adalah malam yang istimewa dibanding malam-malam lainnya. Sehingga malam tersebut dimanfaatkan umat muslim dengan itikaf (berdiam) di masjid dan berdoa pada Allah SWT.

Keistimewaan malam Lailatul Qadar meliputi segala doa manusia akan dikabulkan, diampuni dosa dan diterima amal ibadah dan segala keberkahan lainnya. Sehngga malam Lailatul Qadar disebut malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Tanda-tanda Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar memiliki tanda-tanda yang spesifik saat tiba. Tanda-tanda tersebut dapat diamati langsung oleh pancaindra manusia. Malam Lailatul Qadar cendrung lebih tenang, damai dan udara yang tidak panas. Kondisi saat itu betul-betul menenangkan.

Malam tersebut merupakan malam yang penuh cahaya baik dari langit dan bumi. Pada malam tersebut turun para malaikat termasuk malaikat Jibril ke bumi. Pada malam tersebut doa-doa manusia akan terkabulkan.

Selain itu saat malam Lailatul Qadar tiba bisa dilihat tanda pada pagi harinya, seperti matahari terbit tanpa sinar yang membuat mata silau dan langit cerah tanpa awan.

Waktu Turunnya Lailatul Qadar

Tidak ada keterangan yang pasti kapan Lailatul Qadar akan turun. Namun sebagian ulama berpendapat Lailatul Qadar akan turun pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Malam Lailatul Qadar disebut akan turun di malam ganjil saat 10 hari terakhir sebelum Ramadhan. Ini menjadi sedikit rumit karena waktu Ramadhan berakhir belum diketahui pasti. Namun dengan melihat potensi waktu dan tanda-tanda di atas dapat saja memprediksi kapan waktu turunnya Lailatul Qadar.

Misalnya saat Ramadhan 2024 saat ini jika mengacu pada Kemanag, maka 10 terakhir Ramadhan mulai pada tanggal 31 Maret 2024. Sementara jika mengacu hisab PP Muhammadiyah dimulai pada 30 Maret.

Jika mengacu pada tanggal yang ditetapkan pemerintah, maka malam lailatul qadar bisa terjadi pada tanggal-tanggal ganjil seperti:

1 April 2024

3 April 2024

5 April 2024

7 April 2024

9 April 2024.