KORANNTB.com – Mantan Dubes Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal didukung Partai Demokrat untuk maju dalam Pilgub NTB 2024. Demokrat telah resmi memberikan surat tugas kepada Iqbal untuk mencari partai pengusung dan pasangan.

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Malarangeng mengatakan, Demokrat selanjutnya akan menunggu hasil survei dan partai pengusung Lalu Iqbal dalam Pilgub NTB.

“Untuk selanjutnya melaporkan hasil survei lanjutan dan koalisi partai politik yang didapati,” katanya dikutip dari VIVA.

Surat tersebut untuk mencari pasangan, mitra koalisi dan lainnya untuk menunjang Iqbal maju Pilgub NTB. Demokrat akan melakukan monitoring dan evaluasi.

“Surat tugas diberikan untuk mencari pasangan, mitra koalisi dan lainnya,” kata Andi.

Ketua DPD Partai Demokrat NTB, Indra Jaya Usman (IJU), mengatakan akan mengawal dan membantu Iqbal dalam melakukan komunikasi politik serta mencari partai pengusung.

“Kita akan kawal perintah dan arahan DPP ini,” ujar dia.

Dari sember yang sama, Lalu Iqbal dipastikan didukung PAN dan digadang-gadang akan didukung Partai Gerindra. Sebagaimana diketahui syarat mengusung calon gubernur sebanyak 13 kursi.

Partai Demokrat diketahui memiliki enam kursi, kemudian PAN empat kursi dan Gerindra 10 kursi. Jika tiga partai tersebut memastikan diri mencalonkan Lalu Iqbal maka Iqbal dapat maju dengan jumlah total 20 kursi melebihi syarat minimal sebanyak 13 kursi.

Sementara IJU mengatakakan pilihan partai jatuh pada sosok terbaik dan Lalu Muhamad Iqbal diyakini memenuhi standar tersebut sehingga Demokrat mengusungnya.

“Beliau (Lalu Iqbal) rekam jejaknya jelas, cerdas, punya pengalaman panjang sebagai diplomat, dan jaringan luar negerinya bagus,” katanya.