IJTI NTB Buka Posko Peduli Gempa “Recovery for Humanity”

Mataram – Dalam rangka menjalankan misi kepedulian sosial dan misi kemanusiaan membantu sesama yang diamanatkan organisasi Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Nusa Tenggara Barat (IJTI NTB) siap mendonasikan ragam kebutuhan warga masyarakat korban gempa di Pulau Lombok, diantaranya dengan menyiapkan ratusan paket sembako dan kebutuhan lainnya bagi warga terdampak yang berada di tenda – tenda pengungsian.

Aksi peduli bertemakan “recovery For Humanity” tersebut akan dilakukan disela – sela kesibukan liputan untuk menyampaikan kepentingan publik yang sekaligus menjadi seruan moral dari pribadi para pewarta televisi dan media umumnya dalam bingkai sosial. Bahkan tidak hanya diperoleh dari Pengurus Daerah IJTI NTB, dukungan juga dihadirkan langsung dari luar daerah baik organisasi IJTI dari Provinsi Jawa Barat dan Bali serta sejumla kolega yang mensuport secara swadaya.

“Langkah ini di inisiasi sebagai seruan moral kemanusiaan dimana banyak diantara kita juga sebagai jurnalis telah melihat langsung seperti apa duka yang dialami korban bencana. Ini merupakan panggilan jiwa yang coba kita telurkan dalam organisasi,” ucap Riadis Sulhi, Ketua IJTI NTB saat ditemui usai menggelar rapat pemantapan Posko Peduli Gempa Lombok di Mataram pada Selasa (14/8).

Melaui Posko IJTI Peduli Gempa Lombok yang digagas para pewarta media televisi nasional dan lokal di NTB yang berlokasi di Jalan Pancaka Gomong Mataram, bantuan kemanusiaan ini nantinya akan segera didroping ke titik – titik lokasi yang terisolir.

Relawan IJTI NTB akan mencoba menyasar posko – posko pengungsian yang minim mendapatkan bantuan karena lokasinya yang sulit untuk dijangkau. Meski demikian, menjadi catatan prioritas yakni penyaluran bantuan bagi rekan seprofesi jurnalis, yang juga menjadi korban terdampak saat gempa 7 SR yang melanda Lombok Utara dan sekitarnya pada 5 Agustus lalu.

“Rencanaya kita akan memprioritaskan bantuan ini kepada teman – teman yang terdampak langsung terhadap gempa ini. Setelah itu tercukupi barulah kita bergerak menyentuh daerah lain,” jelasnya.

Tak hanya akan mendroping bantuan seperti sembako, bantuan nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan para pengungsi melalui informasi yang dihimpun dilapangan. Seperti buku (ATK), biscuit, obat – obatan dan mainan anak yang nantinya diharapkan berdampak positif bagi pemulihan psikologis anak – anak korban gempa. Kebutuhan bagi ibu – ibu dan wanita, juga akan melengkapi setiap paket bantuan termasuk pakian layak pakai, yang rencananya akan disalurkan pada akhir pekan ini.

Riadi mengatakan, dengan terbentuknya koordinator penyaluran bantuan akan mempermudah pendistribusian bantuan ke titik lokasi para korban gempa yang membutuhkan. “Pakaian selimut dan makanan sudah diberangkatkan dari teman teman di Jabar. Kita juga menambahkan pakaian dan makanan khusus untuk anak – anak. Karena ini penting untuk mengembalikan psikologi dari mereka yang masih merasa trauma. Juga kebutuan kewanitaan serta pempers untuk anak,” tambah Kontributor SCTV wilayah Lombok ini.

Guna memudahkan penyaluran untuk para korban gempa melalui para relawan IJTI Pengda NTB juga telah menyiapkan Posko penyaluran bantuan kemanusiaan korban gempa, yang dipusatkan di sekretariat bersama Kantor Get TV jalan Pancaka Gomong Mataram. Sementara agi seluruh warga masyarakat atau stake holder yang ingin menyalurkan bantuan berupa dana, bisa secara langsung menyalurkannya melalui rekening amal IJTI NTB melalui bank NTB, Mandiri dan BCA. “Mari bangkit bersama membangun NTB dan mengasah kepedulian untuk para korban gempa,” pungkasnya. (ZL)

Rekening Alamat Donasi IJTI NTB :

1. Rekening IJTI NTB, Bank NTB Nomer Rekening 001.22.16157.10.5
2. Rekening BCA, atas Nama Riadis Sulhi Nomer rekening 6700122172
3. Rekening Bank Mandiri, atas Nama Kusnandar Nomer Rekening 1610004789371

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *