Mataram Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) 2018 akan dibuka besok. Sebanyak 26 cabang olahraga akan digelar dalam kompetisi empat tahunan ini.

Ketua KONI NTB, Andy Hadianto, mengatakan sebanyak 2.828 atlet asal NTB akan mengikuti pekan olahraga tersebut.

“Sebanyak 2.828 atlet, 856 ofisial, 394 wasit akan terlibat dalam Porprov NTB 2018 ini,” ujarnya di Mataram, Sabtu, 8 Desember 2018.

Link Banner

Pembukaan akan digelar di Mandalika Lombok Tengah. Adapun total medali yang disiapkan sebanyak 348 medali emas, 348 perak dan 471 perunggu.

“Kita menyiapkan perunggu lebih banyak untuk mengantisipasi ada juara tiga yang lebih dari satu peserta,” jelasnya.

Dia mengungkapkan banyak atlet NTB yang mengharumkan nama daerah dan negara. Sehingga, NTB sangat diperhitungkan dalam ajang olahraga.

Beberapa atlet NTB yang pernah mengharumkan nama NTB di level dunia. Seperti, Lalu Muhammad Zohri (kejuaraan atletik dunia di Tampere, Finlandia), Mariati (kejuaraan dunia pencak silat di Bali), Yuliana (kejuaraan dunia junior di Shongkla, Thailand), Risa Septiyarini (kejuaraan dunia Muay Thai), Ahmad Zigi Zaresta Yuda ( di nomor KATA karate) dan Faqih Karomi (juara dunia kelas kumite).

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB, Husnanidiaty Nurdin, mengatakan Porprov NTB dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya pedagang maupun perhotelan.

“Ada 2000 kamar hotel untuk atlet. Belum lagi belanja,” pungkasnya.

Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 bakal tampil berbeda. Tahun ini dikemas dengan konsep sport tourism. Olahraga tersebut nantinya dikonsepkan guna memancing wisatawan.

Beberapa atlet yang pernah mengharumkan nama Indonesia bakal turun di Porprov 2018. Dengan hadirnya beberapa atlet profesional itu membuat euforia Porprov serasa event di Asian Games.

Tak hanya itu, rencananya pasangan pevoli pantai Dini-Ditha Juliana akan menjalani laga ekshibisi kontra tim dari negara lain. Itu untuk menghibur penonton. ”Kita masih carikan lawan yang sepadan supaya pertandingan lebih menarik dan seru,” ungkapnya. (red)