KoranNTB.com – Senator RI, Baiq Diyah Ratu Ganefi berhasil berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Nila Moeloek untuk penanganan Tilar Negara, bocah 2,2 tahun penderita kanker mata stadium lanjut.

Kini Tilar telah dirujuk di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk penanganan medis.

Baiq Diyah mengapresiasi RSUP NTB yang merawat Tilar meskipun saat ini surat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) belum dikeluarkan.

“Saya apresiasi sekali kepada RSUP yang dengan cepat menindaklanjuti pembicaraan saya dengan Menteri Kesehatan. Jadi bagaimanapun juga ketika masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan, mereka tidak punya (BPJS) maka nomor satu yang kita pikirkan adalah mereka bisa mengakses rumah sakit dengan mudah,” ujarnya, Minggu, 17 Februari 2019.

Saat mengunjungi Tilar di RSUP NTB, Baiq Diyah mengatakan kondisi Tilar segera membutuhkan penangan medis lanjutan. Anggota DPD RI ini berharap kondisi Tilar akan terus membaik dan dapat di sembuhkan.

Baiq Diyah juga mengatakan masih banyak Tilar lainnya yang membutuhkan penanganan medis serius. Untuk itu harus menjadi perhatian pemerintah daerah dan juga perlu digerakkan kader desa untuk memberi edukasi kesehatan pada masyarakat.

“Jangan sampai kemudian masyarakat sudah sangat parah baru dibawa ke dokter atau ke rumah sakit. Bahkan yang terpenting mereka sudah mempunyai BPJS, nah inilah perlunya dinas kesehatan kabupaten/kota untuk memberikan penyuluhan agar seluruh masyarakat yang tidak punya mendaftarkan diri pada kepala dusun atau lingkungan,” jelasnya. (red)