KORANNTB.com – Suhu di NTB terasa panas pada Oktober 2019 ini. Itu karena suhu maksimum di NTB berada pada bulan tersebut.

Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat, Restu Patria Megantara, menjelaskan di Pulau Lombok, maksimum suhu harian bisa mencapai 32 hingga 34 derajat celcius, sementara Pulau Sumbawa dapat lebih panas.

“Secara klimatologis, suhu maksimum di NTB biasanya terjadi di bulan Oktober, untuk Pulau Lombok suhu maksimum hariannya dapat mencapai 32 hingga 34°C sedangkan di Pulau Sumbawa bisa lebih panas lagi mencapai 34 hingga 36°C,” katanya dalam keterangan tertulis belum lama ini.

Dijelaskan, suhu udara di NTB terasa panas di bulan Oktober, karena pada bulan Oktober matahari akan berada tepat di atas wilayah NTB (kulminasi) akibat dari gerak semu matahari.

Fenomena kulminasi utama sering disebut hari tanpa bayangan. Itu karena matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit, akibatnya bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena tertumpuk dengan benda itu sendiri.

Fenomena kulminasi utama pada tanggal 16 Oktober 2019. Di Kota Mataram akan terjadi pukul 12.01 Wita. Sementara di daerah lainnya di luar NTB terjadi pada waktu atau hari berbeda. (red)

Foto: ilustrasi. (Istimewa)