Tiga Gili Belum Gunakan Deteksi Suhu Tubuh untuk Antisipasi Corona

KORANNTB.com – Virus Corona jenis baru yang menyebar di Kota Wuhan Tiongkok membuat sejumlah negara memperketat pengawasan terhadap turis asing. Singapura dan Malaysia di antaranya.

Tidak hanya itu, di Lombok sendiri juga telah dipasang alat pengukur suhu tubuh di terminal kedatangan internasional Bandara Internasional Lombok.

Alat pengukur suhu tubuh tersebut untuk memastikan turis asing yang datang ke NTB tidak terinfeksi virus Corona.

Link Banner

“”Ada thermoscan di kedatangan internasional. Bila ada penumpang yang (suhu tubuh) panas akan langsung dikirim ke ruang isolasi Rumah Sakit Provinsi NTB,” kata Kepala Dinas Kesehatan NTB, Nurhandini Eka Dewi, Kamis, 23 Januari 2020.

Namun untuk tiga Gili di Lombok Utara yang menjadi pintu masuk kedatangan turis dari Pulau Dewata, belum tersedia alat pengukur suhu tubuh langsung di pintu masuk.

Namun, Kadiskes mengatakan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Pemenang, bertugas untuk mengontrol kesehatan di tiga Gili. Namun masih menggunakan sistem manual penanganan.

“Ada kantor kesehatan pelabuhan kita di Pemenang yang mengontrol 3 Gili, tetapi masih manual,” katanya.

Kendati demikian, turis asing yang datang dari Bali ke Lombok sebelumnya juga akan diperiksa di bandara, untuk memastikan mereka tidak terjangkit virus baru berbahaya tersebut.

Untuk diketahui kondisi Kota Wuhan kini tengah ditutup dan pemerintah setempat mengisolasi Kota Wuhan dan beberapa kota lainnya untuk mencegah virus semakin berkembang.

Kondisi di sana tergambar melalui video pendek yang beredar. Beberapa warga yang mengantre mendapatkan fasilitas kesehatan tumbang di jalan dan lantai diduga terpapar virus.

Media setempat mengabarkan seorang tenaga medis meninggal dunia akibat terpapar Corona. Banyak rumah sakit yang meminta bantuan peralatan kesehatan dan pakaian pelindung untuk menangani pasien yang membludak.

Dikabarkan, kondisi tenaga media juga menderita gangguan emosi di ruang konsultasi rumah sakit akibat stres serbuan pasien. (red)

Foto Ilustrasi

Link Banner
Link Banner