KORANNTB.com – Kinerja Komisaris ITDC, Irzani disoroti. Beberapa kalangan menilai kinerja Irzani tidak maksimal, bahkan hampir tanpa hasil berarti selama beberapa bulan menjabat sebagai Komisaris ITDC.

Sebagai Komisaris ITDC, Irzani dinilai gagal menjadi penengah antara kepentingan pembangunan kawasan khusus ekonomi (KEK) Mandalika, dengan kepentingan masyarakat Lombok Tengah, terkait masalah lahan. Padahal hal ini penting demi percepatan pembangunan sirkuit terbuka Mandalika di kawasan The Mandalika sebagai lokasi MotoGP 2021.

Ketua Sahabat Pariwisata Nusantara (Sapana) Rudi Lombok mengatakan, peran Komisaris sangat strategis namun tak bisa maksimal dimanfaatkan oleh Irzani.

“Ya semua tahu sejak menjabat (Komisaris) sampai saat ini, belum terlihat kinerja Pak Irzani. Sehingga layak untuk dipertimbangkan agar diganti,” kata Rudi, Senin, 4 Januari 2021 di Mataram.

Rudi menegaskan, untuk percepatan pembangunan KEK Mandalika maka ITDC membutuhkan Komisaris yang memahami karakter masyarakat dan paham kondisi lapangan. Sehingga kepentingan pembangunan kawasan dan kepentingan masyarakat bisa diakomodir dengan baik dan proporsional.

Nama Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FT digadang-gadang sangat tepat menggantikan Irzani sebagai Komisaris ITDC.

“Pak Suhaili, setelah menjabat Bupati sangat tepat menjadi Komisaris ITDC. Salah satu figur yang pas dan tepat,” katanya.

Menurutnya, dibandingkan Irzani, Suhaili lebih punya banyak pengalaman dan paham benar bagaimana konsep pengembangan kawasan pariwisata. Bupati Loteng dua periode ini juga disebut sangat paham kondisi masyarakatnya dan menguasai masalah di lapangan.

Dengan banyak pengalaman itu, Abah Uhel, sapaan akrab Suhaili dinilai pantas menjabat Komisaris ITDC, demi percepatan pembangunan di kawasan destinasi superprioritas tersebut.

“Kalau pak Irzani kan background pariwisatanya hampir tidak ada, sementara pak Suhaili banyak pengalaman baik dari sisi politik maupun hubungan dengan koneksi pusat, karena beliau kan Bupati dia periode di Lombok Tengah,” katanya.

Sehingga figur HM Suhaili FT digadang-gadang paling layak menjadi Komisaris ITDC menggantikan H Irzani.

Rudi berharap aspirasi masyarakat dan pelaku pariwisata ini bisa menjadi pertimbangan pemerintah pusat, Kementerian BUMN, dan juga para petinggi di PT ITDC sebagai pengelola KEK Mandalika, Lombok Tengah. (red)

Foto: Suhaili (istimewa)